Home KEGIATAN

UNIVA Medan Gelar Musabaqah Nahwu Shorof dan Qiraatul Qutub

10
0
SHARE

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Aljam’iyatul Washliyah yang ke 88, UNIVA Medan bekerjasama dengan Penurus Besar Al Washliyah menyelenggarakan Musabaqoh Nahwu Shorof dan Qiraatul Qutub tingkat Madrasah Aliyah Al Washliyah Se-Sumatera Utara.

 

Acara pembukaan dilaksanakan di Convention Hall UNIVA Medan yang dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah Drs. H. Masyhuril Khamis, SH, MM, Rektor UNIVA Medan Drs. Jamiluddin Marpaung, MA, Wakil Rektor I Dr. Hj. Hasnil Aida, MA, Wakil Rektor II Dr. Alimuddin Siregar, M.Hum, Dekan Fakultas Agama Islam Khairuddin Lubis, M.Pd, MA, para staf dan juga para dosen di lingkungan UNIVA Medan.

Drs. H. Ahmad Yani sebagai ketua panitia menegaskan dalam sambutannya bahwa Musabaqah Nahwu Shorof dan Qiraatul Qutub disambut dengan sangat antusias oleh sekolah-sekolah Al Washliyah. Musabaqah ini diikuti oleh 180 orang peserta yang terdiri dari siswa/i Madrasah Aliyah Al Washliyah se Sumatera Utara.

Musabaqah ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah Ustadz Drs. H. Masyhuril Khamis,SH, MM. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa penyelenggaraan musabaqah qiraatul qutub ini selain dalam rangka memeriahkan HUT Al Washliyah yang ke 88, juga dimaksudkan untuk mengembalikan brand image UNIVA Medan sebagai kampus yang dahulunya sangat disegani karena memiliki tradisi keulamaan yang luar biasa. UNIVA Medan terkenal dengan ulama-ulama yang sangat mahir dalam Nahwu shorof dan memiliki kemampuan yang luar biasa dalam membaca dan mengakses kitab-kitab kuning. Tradisi keulamaan itu lah yang mau dibangkitkan kembali melalui kegiatan musabaqah Nahwu Shorof dan Qiraatul Qutub ini. Di hadapan para peserta,beliau juga menghimbau agar siswa/i yang berasal dari sekolah-sekolah Al Washliyah untuk tidak ragu-ragu kuliah di UNIVA Medan, karena saat ini UNIVA Medan terus berupaya memperbaiki kualitas akademik terutama mengembalikan citranya sebagai kampus pencetak ulama di Sumatera Utara.

Sebagaimana dituturkan oleh Dr. Hj. Hasnil Aida, MA-selaku Wakil Rektor I bahwa mereka yang berhasil meraih juara 1, 2, dan 3 pada musabaqah ini, selain diberikan hadiah berupa uang pembinaan dan piagam juga akan digratiskan uang kuliahnya jika nantinya mereka kuliah di UNIVA Medan.

Pemberian Piala oleh Dekan FAI UNIVA Medan (Bpak Khairuddin Lubis, M.Pd, MA)

Foto Bersama dengan Juara Olimpiade, Dewan Juri dan Pimpinan UNIVA Medan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.